Gelar Turba, Cara Penyuluh Agama Islam Pucanglaban Sosialisasikan Moderasi Beragama

Memberikan pembinaan kepada anggota majelis taklim dengan cara Turun ke Bawah (Turba) merupakan salah satu cara Penyuluh Agama Islam Kecamatan Pucanglaban dalam mesosialisasikan moderasi beragama.

“Kami datang ke setiap majelis yang ada di Kecamatan Pucanglaban dengan menggandeng organisasi masyarakat,” kata Suliana sebagai salah satu penyuluh agama di kecamatan setempat (10/01/2022).

Menurutnya, sosialisasi terkait moderasi beragama penting dilakukan, khususnya pada era digital seperti saat ini.

“Perpecahan mudah terjadi di media digital hanya karena berbeda pendapat dan keyakinan terkain cara beragama,” lanjut Suliana.

Suliana bersama para Penyuluh Agama Islam Kecamatan Pucanglaban tidak ingin perpecahan terjadi pada masyarakat di kawasan pegunungan tersebut.

Maka dari itu, Penyuluh Agama Islam Kecamatan Pucanglaban menggelar Turba di berbagai majelis taklim yang berbeda.

“Penyuluh Agama Islam Kecamatan Pucanglaban telah melakukan Turba untuk sosialisasikan moderasi beragama di puluhan majelis taklim. Baik majelis taklim yang resmi kami bina, maupun majelis taklim di luar binaan,” ungkap Suliana.

Ia optimis, dengan program Turba, maka sosialisasi terkait moderasi beragama akan lebih mudah diterima masyarakat.

“Jika masyarakat paham tentang moderasi beragama, saya yakin, perpecahan di Kecamatan Pucanglaban bisa dihindari,” pungkasnya.