Jalin Kerja Sama, Penyuluh Agama Islam Tulungagung Gelar Penyuluhan Narapidana Putri

Menjalin sinergitas antar lembaga terus dilakukan oleh para Penyuluh Agama Islam di Kabupaten Tulungagung. Setelah sebelumnya bersinergi dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Tulungagung dan dinas kesehatan setempat, saat ini para penyuluh tersebut bekerja sama dengan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di kota marmer itu.

“Sebelumnya, sudah ada Penyuluh Agama Islam yang rutin mengisi khutbah atau ceramah singkat, tapi khusus narapidana yang laki-laki,” kata Dr Suyitno sebagai Ketua Kelompok Kerja Penyuluh Kabupaten Tulungagung pada Rabu (05/01/2022).

Menurutnya, sinergi dengan Lapas yang saat ini terjalin berupa kerja sama kepenyuluhan khusus narapidana perempuan.

“Ada sekitar 25 narapidana perempuan yang akan mengikuti penyuluhan oleh Penyuluh Agama Islam perempuan yang diadakan dua kali dalam seminggu untuk meningkatkan nilai spiritualitas mereka,” tuturnya.

Ia memastikan, materi dan teknik penyuluhan yang dilakukan sesuai dengan kondisi narapidana. Maka dari itu, ia bersama perwakilan Penyuluh Agama Islam putri melakukan koordinasi dengan kepala Lapas Kabupaten Tulungagung.

Ia menjelaskan, hasil dari koordinasi tersebut dijadikan landasan dalam menentukan teknik dan materi penyuluhan kepada narapidana perempuan.

“Saat ini, kami telah membentuk tim khusus untuk menentukan teknik dan menyusun materi,” kata Dr Suyitno.

Dr Suyitno berharap penyuluhan yang diadakan dapat diterima oleh para narapidana putri.