PerintahNya Dilaksanakan, Agar Terhindar Dari Kemaksiatan

Oleh: Abu*

Perintah adalah suatu hal yang harus dikerjakan. Seperti perintah Allah SWT kepada hambaNya.

Perintah Allah SWT bersumber dari firmanNya yang tersurat maupun tersirat dalam Al Quran. Selain itu, perintah Allah SWT juga berasal dari para Nabi dan Rasul yang diutus untuk menyampaikan kebenaran.

Perintah Allah SWT yang wajib dilakukan setiap umat islam itu di ibarat kapital atau modal dagang. Dengan modal perdagangan akan berjalan. Sedangkan perintah yang bersifat sunah itu bagaikan keuntungan. Dengan keuntungan tersebut, maka diperoleh beberapa derajat yang tinggi.

Rasulullah SAW bersabda dalam sebuah hadist qudsi:


يقول الله تبارك وتعالى ما إليمتقر بون بمثل أداء ما افثرضت عليهم ولا يزال العبدي تقرب إلي باالنوافل حتى أحبه فإذا أحببته كنت سمعه الذى يسمع به وبصره الذي يبصر به ولسانه الذى ينطق به ويده التى يبطش بها ورجله التى يمشى بها


Artinya: Allah SWT berfirman orang orang yang mendekatkan diri kepadaKu tidak berhasil kecuali dengan melaksanakan amal-amal yang Aku wajibkan. Seorang hamba yang terus menerus mendekatkan diri kepadaKu dengan menjalankan kesunahan-kesunahan sesudah yang wajib sehingga Aku mencintainya . Apabila Aku mencintainya maka mejadi pendengarannya untuk dia mendengar, penglihatannya untuk dia melihat, lisannya untuk dia berkata, tangannya untuk dia menyentuh atau memukul, kakinya untuk dia berjalan.

Dari hadits diatas, dapat disimpulka bahwa ketika seorang hamba menjalankan kewajiban-kewajiban dan kemudian menjalankan kesunahan-kesunahan, maka akan dicintai oleh Allah SWT. Kalau dicintai Allah SWT, mak Tuhan Yang Maha Esa akan menjaga pendengarannya, penglihatannya, mulutnya, tanganya, dan kakinya dari kemaksiatan.

Maka dari itu, sebagai seorang hamba, sudah seharusnya kita mematuhi segala perintah. Dengan menjalankan perintah, kita tidak hanya mendapatkan pahala dan kenaikan derajat saja. Perintah dari Allah SWT yang kita jalankan juga mampu mencegah kita dari perbuatan maksiat.

*Penulis adalah Penyuluh Agama Islam Kecamatan Kauman