Sambut Idul Adha, Penyuluh Agama Islam Tanggunggunung Gelar Edukasi Penyembelihan Hewan

Penyembelihan hewah qurban merupakan salah satu ibadah yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan saat hari raya Idul Adha. Terdapat tata cara dalam penyembelihan hewan qurban.

“Masih banyak para penyembelih hewan yang belum paham tentang tata cara penyembelihan hewan untuk qurban,” kata Eko Ali Sadikin.

Penyuluh Agama Islam Kecamatan Tanggunung tersebut mengatakan bahwa selain tata cara menyembelih, ada juga adab penyembelihan hewan qurban yang jarang dilaksanakan oleh para penyembelih.

“Salah satu adab menyembelih hewan qurban yaitu saat mengasah pisau atau alat yang akan digunakan, jangan sampai terlihat oleh hewan qurban,” kata laki-laki berkacamata tersebut (08/07/2021).

Maka dari itu, ia bersama Penyuluh Agama Islam Kecamatan Tanggunggunung memberikan edukasi kepada masyarakat, khususnya penyembelih hewan qurban.

“Para Penyuluh Agama Islam Kecamatan Tanggunggunung juga mengunjungi tempat pemotongan ayam untuk memberikan arahan terkait cara penyembelihan hewan yang baik dan benar,” katanya.

Selain tata cara dan adab penyembelihan hewan, Penyuluh Agama Islam Kecamatan Tanggunggunung juga melakukan sosialisaak penerapan protokol kesehatan dalam penyembelihan hewan. Mengingat, saat ini masih pandemi Covid-19.

Dengan edukasi yang diberikan, diharapkan, masyarakat khususnya para penyembelih hewan untuk konsumsi biasa atau untuk qurban bisa melaksanakan kegiatan penyembelihan dengan cara yang baik dan benar sesuai syariat agama Islam.

“Semoga hewan qurban yang diperlakukan dengan baik dan benar dan disembelih sesuai dengan syariat bisa diterima oleh Allah SWT,” harap Eko.