Begini Upaya Kemenag Tulungagung Tingkatkan Kualitas Penyuluh Agama

Dalam rangka meningkatkan kualitas Penyuluh Agama Islam (PAI) Kabupaten Tulungagung pada bidang moderasi beragama, Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tulungagung menggelar seminar Pengarusutamaan Moderasi Beragama Wawasan Kebangsaan pada Rabu (09/06/2021).

“Moderasi beragama itu bukan agamanya yang dimoderasi. Tapi perilaku kita dalam beragama yang perlu dimoderasi” kata Masngut, kepala Pelaksana Tugas (PlT) Kemenag Kabupaten Tulungagung.

Seminar yang diikuti oleh 152 Penyuluh Agama Islam Honorer (PAIH), 7 Penyuluh Agama Islam Fungsional (PAIF) dan 19 anggota Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) menjadi upaya Kemenag Kabupaten Tulungagung menjadikan Kantor Urusan Agama (KUA) sebagai rumah moderasi beragama. Dan PAI harus mengambil peran dalam upaya tersebut.

“Di Kementerian Agama, moderasi beragama menjadi bagian visi dan misi yang harus kembangkan” lanjut Masngut dalam sambutannya saat membuka seminar tersebut.

Pada seminar yang dihadiri oleh KH Hadi Mohammad Mahfudz sebagai Ketua Majelis Ulama (MUI) Kabupaten Tulungagung dan Handono Subiakto, Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Kabupaten Tulungagung tersebut, Masngut juga meluncurkan buku karya PAI Kabupaten Tulungagung.

“Buku antologi yang berjudul Moderasi Beragama Dalam Bernegara karya PAI Kabupaten Tulungagung adalah yang pertama di Provinsi Jawa Timur, bahkan di Indonesia” ungkapnya.

Ia menyampaikan bahwa buku tersebut sangat penting untuk menambah wawasan masyarakat tentang moderasi beragama.

Masngut berharap, PAI Kabupaten Tulungagung konsisten berkarya dalam mensosialisasikan moderasi beragama.