Memiliki Standar Kompetensi, Penyuluh Agama Islam Mampu Menjadi Narasumber Berbagai Kegiatan

Tidak hanya memberikan bimbingan dan penyuluhan kepada majelis taklim yang dibina. Penyuluh Agama Islam diharapkan juga berperan aktif mengadakan bimbingan dan penyuluhan kepada kelompok masyarakat yang lain.

Seperti yang dilakukan oleh Suliana, Penyuluh Agama Islam Kecamatan Pucanglaban ini menyampaikan bimbingan dan penyuluhan dengan menyampaikan materi tentang manajemen organisasi  kepada peserta pendidikan dan pelatihan (Diklat) administrasi yang diadakan oleh Pengurus Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama’ (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama’ (IPPNU) Kabupaten Tulungagung pada Ahad (30/8) di Aula PCNU Kabupaten Tulungagung.

Tidak hanya menyampaikan materi saja, Suliana juga memberikan motivasi kepada peserta Diklat. Hal ini dilakukan sebagai salah satu fungsi dari Penyuluh Agama Islam.

“Saya memberikan motivasi kepada peserta Diklat agar lebih semangat dalam berjuang meraih cita-cita dengan tetap mengamalkan nilai-nilai ahlussunah wal jama’ah dan Pancasila” kata Suliana.

Ketua PC IPPNU Kabupaten Tulungagung, Indah Khoirun Nada mengapresiasi materi yang disampaikan oleh Suliana. Ia menyebutkan, bahwa Suliana bisa meintegrasikan berbagai keilmuan dalam menyampaikan materi.

“Cara Ibu Suliana dalam menyampaikan materi mampu menambah wawasan dan semangat para peserta Diklat. Ibu Suliana sangat kompeten menjadi narasumber” terang Indah.

Menanggapi apresiasi dari Ketua PC IPPNU Kabupaten Tulungagung, Suliana menjelaskan bahwa Penyuluh Agama Islam memang dituntut untuk memiliki standar kompetensi yang tinggi dalam bidang ilmu agama, sosial, komunikasi dan moral karena mendapatkan pendidikan dan pelatihan khusus.

“Jadi wajar kalau Penyuluh Agama Islam, khususnya di Kabupaten Tulungagung sangat berkompeten” jelas Suliana.

Maka dari itu, dengan standar kompetensi yang dimiliki, Suliana optimis bahwa Penyuluh Agama Islam Kabupaten Tulungagung berkompeten untuk menjadi alternatif narasumber dalam berbagai kegiatan yang diadakan oleh organisasi masyarakat. (Puspita Hanum)