Cek Kesehatan Mata Gratis Untuk Deteksi Katarak

Katarak adalah penyakit saat lensa mata menjadi keruh dan berawan. Katarak berkembang perlahan dan awalnya tidak terasa mengganggu. Jika dibiarkan, katarak bisa mengganggu penglihatan dan membuat pengidap merasa seperti melihat jendela berkabut, sulit menyetir, membaca, serta melakukan aktivitas harian. Penyakit tersebut merupakan penyebab kebutaan utama di dunia yang dapat diobati. Hal itulah yang mendorong Penyuluh Agama Islam Kecamatan Kedungwaru untuk melakukan cek kesehatan mata kepada jamaah majelis taklim di Kecamatan Kedungwaru untuk mendeteksi gejala dini katarak.

Bekerjasama dengan klinik mata EDC Tulungagung, cek kesehatan mata diadakan pertama kali oleh Penyuluh Agama Islam Kecamatan Kedungwaru pada Ahad (30/8) di majelis taklim Sunan Ampel Desa Mangunsari Kecamatan Kedungwaru diikuti oleh 60 jamaah.

“Tidak hanya di majelis taklim Sunan Ampel, nanti cek kesehatan mata ini akan kami adakan di majelis taklim seluruh kecamatan Kedungwaru” kata Khasyiin, Penyuluh Agama Islam Kecamatan Kedungwaru dalam sambutannya.

Sebagai Koordinator Penyuluh Agaam Islam Kecamatan Kedungwaru, Mohamad Wildan Ali Kusuma Negara mengaku sudah melakukan koordinasi kepada seluruh pengurus majelis taklim yang berada di kecamatan Kedungwaru terkait jadwal pelaksanaan cek kesehatan mata. Menurutnya, para pengurus majelis taklim mendukung kegiatan tersebut.

“Khusus majelis taklim yang sudah terdaftar di Kementerian Agama Kabupaten Tulungagung akan menjadi prioritas dalam pelaksanaan cek kesehatan mata gratis. Hal ini sebagai apresiasi kepada majelis taklim yang mau mengurus persyaratan pendaftaran” tutur Wildan.

Cek kesehatan mata ini dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Jamaah harus menggunakan masker dan dalam keadaan sehat saat mengikuti cek kesehatan mata. Selain itu, peserta yang antre harus berjarak satu meter dengan peserta yang lain. Petugas cek kesehatan mata juga menggunakan alat pelindung diri.

Ketua pengurus majelis taklim Sunan Ampel, Siti Ngaisah menyampaikan terimakasih atas pelaksanaan cek kesehatan mata gratis ini. Menurutnya, cek kesehatan mata ini sangat membantu jamaah majelis taklim untuk deteksi dini penyakit mata.

“Saya mewakili jamaah majelis taklim sunan ampel menyampaikan apresiasi yang luar biasa kepada Penyuluh Agama Islam Kecamatan Kedungwaru. Tidak hanya memberikan pelayanan keagamaan, tetapi juga membantu kesehatan para jamaah” kata Siti Ngaisah.

Wildan berharap, dengan diadakan cek kesehatan mata gratis bisa membantu jamaah majelis taklim di Kecamatan Kedungwaru untuk deteksi dini penyakit mata, khususnya katarak.

“Kalau mata tidak sakit, jamaah majelis taklim akan mudah dalam membaca kitab” tambahnya (Puspita Hanum).