Lebih Dekat Dengan Masyarakat, Penyuluh Agama Islam Kecamatan Sendang Adakan Anjangsana

Berdasarkan Keputusan Menteri Agama (KMA) nomor 516 tahun 2003 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Penyuluh Fungsional dinyatakan bahwa fungsi utama Penyuluh Agama Islam adalah melakukan dan mengembangkan kegiatan bimbingan atau penyuluhan agama dan pembangunan melalui bahasa agama kepada masyarakat. Maka dari itu, Penyuluh Agama Islam dituntut untuk memiliki kedekatan dengan masyarakat dalam pelaksanaan tugas.

Tintus Kencananingrum, Penyuluh Agama Islam Kecamatan Sendang sepakat bahwa kedekatan dengan masyarakat harus dipupuk oleh setiap Penyuluh Agama Islam seperti yang telah dilaksanakan oleh Penyuluh Agama Islam Kecamatan Sendang.

"Anjangsana dari satu majelis taklim ke majelis taklim merupakan salah satu upaya Penyuluh Agama Islam Kecamatan Sendang untuk lebih dekat dengan masyarakat" kata Tintus.

Penyuluh Agama Islam Kecamatan Sendang telah melaksanakan anjangsana ke majelis taklim yang ada di Kecamatan Sendang. Menurut Tintus, sudah tujuh kali Penyuluh Agama Islam Kecamatan Sendang melakukan anjangsana pada tujuh majelis taklim. Dalam kegiatan anjangsana, Penyuluh Agama Islam Kecamatan Sendang memberikan informasi kepada para jemaah majelis taklim.

"Informasi yang paling utama kami (red: Penyuluh Agama Islam Kecamatan Sendang) sampaikan itu tentang penerapan protokol kesehatan khususnya di majelis taklim. Selain itu, kami juga menyampaikan peraturan pemerintah yang berkaitan dengan masyarakat" terang Tintus.

Selain informasi, Penyuluh Agama Islam Kecamatan Sendang juga memberikan edukasi dan motivasi agar majelis taklim senantiasa menumbuhkan jiwa nasionalisme sesuai dengan syariat agama Islam kepada para jemaah.

Siti sebagai salah satu jemaah majelis taklim yang mengikuti kegiatan anjangsana memberikan apresiasi kepada Penyuluh Agama Islam atas terlaksananya kegiatan tersebut. Menurutnya, kegiatan anjangsana harus terus dilakukan agar para jemaah majelis taklim bisa mengetahui berbagai informasi dan terus termotivasi untuk mengembangkan majelis taklim.Dengan adanya anjangsana, Tintus berharap mampu meningkatkan kedekatan antara Masyarakat dengan Penyuluh Agama Islam. (Puspita Hanum)