Penyuluh Agama Islam Kecamatan Pucanglaban Bantu Pendirian Madrasah Diniyah

Madrasah Diniyah Taklimiyah (MDT) telah diatur oleh pemerintah dalam Keputusan Menteri Agama Nomor 1 Tahun 2001 dan dipertegas dengan Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan. Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di Madrasah Diniyah sudah terlaksana sebelum zaman kemerdekaan yang dikemudian hari berkembang menjadi madrasah, yakni lembaga pendidikan formal yang dibina oleh Kementerian Agama saat ini.

Menurut Anwar Samson, Penyuluh Agama Islam Kecamatan Pucanglaban, Madrasah Diniyah merupakan suatu lembaga pendidikan nonformal yang mengajarkan tentang nilai-nilai keagamaan dan juga sebagai salah satu lembaga pendidikan Islam yang telah diyakini masyarakat dalam membentuk akhlakul karimah umat islam.

“Dengan mempertimbangkan keyakinan masyarakat atas manfaat keberadaan Madrasah Diniyah dalam akhlakul karimah, kami dari Penyuluh Agama Islam Kecamatan Pucanglaban sepakat untuk membantu pendirian Madrasah Diniyah di Desa Pucanglaban Kecamatan Pucanglaban Kabupaten Tulungagung” kata Anwar, Minggu (23/8).

Anwar menjelaskan telah diadakan musyawarah terkait pendirian Madrasah Diniyah tersebut dengan berbagai pihak, diantaranya Kepala Desa Pucanglaban Kecamatan Pucanglaban, Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Pucanglaban, Ketua dan jajaran Majelis Wakil Cabang (MWC) Nahdlatul Ulama’, serta tokoh agama setempat pada Sabtu (22/8).

Dalam musyawarah tersebut, telah disepakati bahwa fasilitas seperti ruang KBM, papan tulis, kursi dan meja yang ada di SMPN 2 Pucanglaban boleh dimanfaatkan untuk KBM Madrasah Diniyah. Selain itu, Kepala Desa Pucanglaban juga akan ikut serta memberikan batuan operasional untuk Madrasah Diniyah.

“SMPN 2 Pucanglaban siap membantu menyediakan fasilitas yang dibutuhkan Madrasah Diniyah sebagai wujud komitmen kami untuk mencetak generasi yang paham ilmu agama dan berakhlakul karimah” terang Edi sebagai Kepala SMPN 2 Pucanglaban.

Menurut Anwar, Penyuluh Agama Islam Kecamatan Pucanglaban akan membantu pihak SMPN 2 Pucanglaban mengurus izin operasional pendirian dan membantu proses operasional Madrasah Diniyah di Desa Pucanglaban Kecamatan Pucanglaban.

“Semoga proses izin operasional bisa segera terselesaikan, agar Madrasah Diniyah bisa segera melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar” harap Anwar. (Puspita Hanum).