Penyuluh Agama Islam Pucanglaban Sukseskan Loka Karya Mini Kecamatan Pucanglaban

Dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Kampung KB (Keluarga Berkualitas) Desa Panggungkalak Kecamatan Pucanglaban, Penyuluh KB Kecamatan Pucanglaban menyelenggarakan Loka Karya Mini di Balai Desa Panggungkalak pada hari Kamis (13/8).

Kegiatan yang dimulai pukul 09.00 WIB sampai 11.30 WIB tersebut bekerjasama dengan beberapa sektor serta dihadiri perwakilan dari berbagai Lembaga Desa dan Tokoh Agama.

“Saya meminta bantuan narasumber dari beberapa sektor, diantaranya dari pihak Kecamatan Pucanglaban, kemudian dari Penyuluh Agama Islam Kecamatan Pucanglaban yang perempuan dan kebetulan Penyuluh Agama Islam di Pucanglaban hanya ada satu yang perempuan. Selain itu, ada juga narasumber  dari Dinas KB PP dan PA Kabupaten Tulungagung” terang Suji Sumarmi sebagai Koordinator Penyuluh KB Kecamatan Pucanglaban sekaligus ketua Panitia kegiatan lokakarya mini tersebut.

Penyuluh Agama Islam Kecamatan Pucanglaban yang didaulat sebagai narasumber di Loka Karya Mini tersebut adalah Suliana. Terdapat beberapa materi yang disampaikan oleh Suliana kepada 30 peserta yang hadir. Tidak hanya materi saja, Suliana juga memberikan motivasi dan sosialisasi.

“Walaupun desa panjenengan ditunjuk sebagai kampung KB, namun jangan beranggapan desanya sebagai desa tertinggal. Justru kita harus semangat dalam mendukung program kampung KB, sehingga bisa mengolah Sumber Daya Alam” terang Suliana dalam motivasinya.

Dalam kegiatan yang dihadiri perwakilan beberapa lembaga di desa dan para tokoh agama tersebut, Suliana menjelaskan bahwa salah salah satu cara mengolah Sumber Daya Alama (SDA) yang ada di desa adalah dengan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) terlebih dahulu.

“Maka dari itu, perlu di programkan pendidikan wajib 12 tahun bagi seluruh warga di Desa Panggungkalak” kata Suliana.

Menurut Suliana, selain program pendidikan wajib 12 tahun, peran ibu atau perempuan sangat dibutuhkan dalam meningkatkan kualitas SDM.

Siti sebagai salah satu peserta Loka Karya Mini mengaku senang dengan materi yang dibawakan Suliana.

“Setelah Ibu Suliana menyampaikan materi, saya sekarang menjadi paham apa tugas saya sebagai warga desa dan sebagai ibu” jelas Siti.

Suji Sumarmi juga mengakui bahwa Suliana berhasil menumbuhkan semangat para peserta untuk terus ikut serta mensukseskan program Keluarga Berkualitas.

“Kami berharap semoga setiap kegiatan Keluarga Berkualitas di Kecamatan Pucanglaban, bisa terus bekerjasama dengan Penyuluh Agama Islam Kecamatan Pucanglaban agar kegiatan bisa sukses seperti Loka Karya Mini ini” harap Suji Sumarmi.