Ithoatul Muhibbin, Daftar Majelis Taklim Cepat dan Mudah

Sesuai dengan peraturan Menteri Agama Republik Indonesia nomor 29 tahun 2019, setiap Majelis Taklim harus didaftarkan di Kantor Kementerian Agama Kabupaten atau Kota. Menurut Zainut Tauhid sebagai Wakil Menteri Agama Republik Indonesia mengatakan bahwa terdaftarnya Majelis Taklim akan memudahkan Kementerian Agama (Kemenag) dalam melakukan koordinasi dan pembinaan.

Maka dari itu, Masfiyah sebagai Penyuluh Agama Islam Honorer (PAIH) Kecamatan Kauman berkomitmen membantu setiap Majelis Taklim yang dibina untuk mendaftar di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tulungagung.

“Setelah saya sosialisasikan peraturan Menteri Agama tentang pendaftaran Majelis Taklim tersebut, ibu-ibu jamaah Majelis Taklim sangat responsif dan kompak mendukung pendaftaran tersebut” terang Masfiyah. (18/8)

Salah satu Majelis Taklim yang dibina oleh Masfiyah adalah Ithoatul Muhibbin yang berada di Dusun Krajan Desa Mojosari Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung. Majelis Taklim tersebut sudah terdaftar di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tulungagung.

“Alhamdulillah, dengan dibantu oleh Ibu Masfiyah, Majelis Taklim kami sudah terdaftar di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tulungagung. Jadi, keberadaan Majelis Taklim kami diakui oleh pemerintah” terang Hj. Siti Zaenab sebagai Ketua Majelis Taklim.

Menurut Hj. Siti Zaenab, proses pendaftaran Majelis Taklim Ithoatul Muhibbin terasa sangat mudah dan cepat. Selain itu, persyaratan pendaftaran ringan sehingga tidak membebani anggota dan pengurus Majelis Taklim.

“Tidak lebih dari tujuh hari mempersiapkan persyaratan pendaftaran Majelis Taklim Ithoatul Muhibbin. Kemudian dalam sehari langsung diproses pihak Kementerian Agama Kabupaten Tulungagung” kata Masfiyah.

Dengan terdaftarnya di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tulungagung, Majelis Taklim yang memiliki 60 anggota tersebut berharap bisa terus mendapatkan binaan dari pemerintah. (Puspita Hanum)